tag
Tenis
Australian Open 2013

Novak Menjejak Semifinal

Selasa, 22 Januari 2013 18:55 WIB
Novak Djokovic lolos ke semifinal Australian Open untuk keempat kali.
  • Novak Menjejak Semifinal

    Novak Djokovic makin dekat dengan gelar keempat di Australian Open.

Novak Djokovic masih terlalu tangguh bagi Tomas Berdych. Di perempatfinal Australian Open, Selasa (22/01/13), Djokovic menang 6-1 4-6 6-1, 6-4 dalam dua jam 31 menit.

Beberapa pengamat tenis meragukan Novak Djokovic akan bisa memenangkan pertandingan melawan Tomas Berdych. Kondisi fisik Djokovic mungkin belum pulih setelah melawan Stanislas Wawrinka di babak keempat.

Minggu (20/01/13), Djokovic menjalani pertandingan lima set selama lima jam dua menit dengan Wawrinka. Pertandingan selesai Senin dini hari, sekitar jam 02.00 pagi waktu Melbourne.

Djokovic punya hanya satu hari untuk beristirahat sebelum pertandingan dan banyak yang meragukan dia akan pulih. Apalagi jika Berdych berhasil memaksa dia bermain lima set.

Tapi Nole - sapaan akrab Novak Djokovic - pernah mengalami kondisi ini tahun lalu. Setelah menang lima set atas Andy Murray di semifinal, dia bertemu Rafael Nadal di final yang juga memaksa dia bermain lima set.

Djokovic berhasil melewati ujian tersebut dan akhirnya keluar sebagai juara untuk kali ketiga.

“Setelah melewati pertandingan seperti ini, lima jam bertanding, pasti akan meningkatkan rasa percaya diri,” kata Djokovic setelah pertandingan melawan Wawrinka.

Soal kekuatan dan ketahanan fisik, Djokovic tergolong sebagai yang terbaik saat ini. Dia seperti tak pernah kehabisan tenaga untuk mengejar ke mana pun arah bola. Jadi, soal fisik jelas bukan masalah bagi Djokovic.

Radek Stepanek punya resep khusus untuk mengalahkan petenis berjuluk The Djoker. Kalau oleh Djokovic di babak ketiga, Stepanek berusaha melakukan dengan memainkan sesuatu yang berbeda.

Stepanek melakukan dengan sering bermain di depan net. Total dia maju mendekati net 67 kali, jumlah yang besar untuk tenis zaman sekarang.

Meski akhirnya kalah tiga set, Stepanek terbukti berhasil membuat Djokovic kerepotan. Wawrinka pun melakukan hal sama, dengan maju 58 kali dan menghasilkan 40 poin.

Tapi Tomas Berdych tidak memilih cara ini. Dia berusaha menghadapi Djokovic dengan caranya sendiri, mengandalkan servis dan forehand kerasnya.

Djokovic memulai pertandingan dengan meyakinkan, memenangi set pertama, 6-1 dalam 28 menit.

Berdych - yang sampai ke babak ini tanpa kehilangan satu set pun - menghadirkan tantangan saat memenangi set kedua dengan 6-4.

Nole Djokovic kembali mendominasi dan memenangi set ketiga, lagi-lagi dengan 6-1 dalam 28 menit. Unggul 2-1 Djokovic makin percaya diri.

Kemenangan 6-4 di set keempat, memastikan sang juara bertahan meraih semifinal keempatnya di Australian Open.

Dari tiga kali lolos ke semifinal, Djokovic selalu mengakhiri kompetisi sebagai juara, yakni tahun 2008, 2011, dan 2012.

Bukan mustahil hasil ini akan terulang, dan menjadikan Djokovic sebagai petenis putra pertama yang memenangi Australian Open tiga kali berturut-turut.

Petenis berikutnya yang akan jadi lawan Nole - sapaan Djokovic - adalah David Ferrer, yang berhasil mengalahkan kompatriotnya, Nicolas Almagro, lewat pertandingan melelahkan selama lima set.

Djokovic memegang rekor pertemuan dengan Ferrer, 9-5. Tahun lalu The Djoker Djokovic memenangi tiga pertemuan mereka.


Editor : Pipit Puspita Rini

  • comment
Komentar