tag
Tenis
Jelang David Cup 2013

Amerika Serikat Haus Gelar

Rabu, 30 Januari 2013 18:54 WIB
Amerika Serikat akan bertemu Brasil di babak pertama Davis Cup 2013.
  • Amerika Serikat Haus Gelar

    Amerika Serikat juara Davis Cup 2007.

Amerika Serikat memang jadi pemegang gelar Davis Cup terbanyak, yakni 32. Tapi sejak 2007, mereka belum sekali pun lolos ke partai final.

Tahun lalu mereka terhenti di semifinal, setelah kalah 1-3 dari Spanyol. Tahun ini, mereka bertekad untuk mengulang sukses saat menjadi juara pada 2007, dengan mengalahkan Rusia, 4-1 di final.

Brasil adalah negara yang harus mereka hadapi di babak pertama, 1-3 Ferbruari mendatang. Paman Sam akan menurunkan John Isner, Sam Querrey, Bob Bryan, dan Mike Bryan.

Mereka akan menghadapi Thomaz Belucci, Thiago Alves, Marcelo Melo, dan Bruno Soares.

Amerika dan Brasil sudah pernah bertemu empat kali, dengan rekor pertemuan 3-1 untuk keunggulan AS. Bryan bersaudara yakin akan bisa menambah jumlah kemenangan mereka.

Melihat amunisi kedua negara, peluang AS untuk kembali mengalahkan Brasil memang cukup besar. Terakhir mengalahkan Tim Tango pada 1997, Amerika masih diperkuat Jim Courier, yang sekarang menjadi kapten tim.

“Dia pemimpin yang hebat. Kami mencintainya dan hormat padanya. Dia seorang legenda, melatih pemain dengan sangat baik, dan membuat perubahan,” puji Bob untuk sang kapten.

Dalam beberapa tahun terakhir, si kembar Bryan memang jadi tulang punggung Amerika di Davis Cup. Mereka merupakan ganda terbaik dunia dengan koleksi gelar Grand Slam terbanyak, yakni 13.

Setelah menjuarai Australian Open, mereka tak banyak membuang waktu, langsung bergabung dengan tim dan mempersiapkan diri. Mereka bahkan menganggap Davis Cup selevel dengan turnamen Grand Slam.

“Akan sangat menyenangkan kalau bisa menjuari Davis Cup lagi, jadi kami akan memiliki dua gelar saat pensiun nanti. Kami benar-benar fokus untuk Davis Cup tahun ini,” kata Mike.

Bob dan Mike turut memperkuat AS saat keluar sebagai juara 2007.

Pertemuan AS dan Brasil tahun ini akan digelar di Jackssonville. Sebagai tuan rumah, tentu Amerika memiliki keuntungan tambahan sebagai modal untuk memenangi pertandingan.

Ini adalah kali pertama mereka menjadi tuan rumah sejak kalah di perempatfinal 2011 dari Spanyol.

Jika berhasil melewati Brasil, lawan yang paling mungkin dihadapi di babak kedua atau perempatfinal adalah Serbia, yang di babak pertama bertemu Belgia.


Editor : Pipit Puspita Rini

  • comment
Komentar