tag
Tinju
18 Tewas di GOR Nabire

Pertina Papua Minta Maaf

Senin, 15 Juli 2013 14:36 WIB
Pertina Papua sesalkan tragedi yang tewaskan 18 orang di Nabire.
  • Pertina Papua Minta Maaf

    Pertina Papua mohon maaf atas tragedi tinju di Nabire.

Pengurus Pertina Papua, Senin (15/07/13), menyesalkan kejadian di GOR Kota Lama Nabire yang menewaskan 18 orang saat final tinju memperebutkan Piala Bupati.

Insiden yang menewaskan 18 orang kemungkinan besar terjadi karena penonton berdesakan keluar dari GOR yang sesak hingga diduga terinjak-injak, Minggu (14/07/13) malam.

Sekitar 1.500 orang menyesaki GOR Kota Lama Nabira saat kejadian. Padahal daya tampung atau kapasitas GOR hanya 900 orang.

Ketua Bidang Komisi Teknik Pengda Pertina Papua Carol Renwarin, Senin (15/07/13), mengatakan pihaknya sangat menyesalkan terjadinya insiden dan berharap polisi mengusut tuntas.

"Kami sangat menyayangkan terjadinya kasus yang menyebabkan puluhan orang meninggal dan luka-luka saat digelarnya final kejuaraan tinju di Nabire," kata Carol Renwarin.

Berdasarkan laporan dari panitia dan wasit yang bertugas, Carol menyatakan kejadian bukan semata akibat saling ejek, melainkan penonton yang masuk tanpa membeli tiket dan dalam keadaan mabuk.

"Warga yang mabuk itu yang membuat onar dengan berupaya mendekati Bupati Nabire, namun dihadang oleh satpol PP hingga menyebabkan mereka marah dan melakukan pelemparan," tegas Carol.

Soal kemungkinan dugaan kecurangan wasit, Carol dengan tegas membantah dan menyatakan tidak ada kecurangan serta sudah sesuai ketentuan.

"Tidak ada masalah dalam penilaian wasit sehingga kemenangan Alfius Rumkorem sudah sesuai dengan angka yang diperolehnya," tegas Ketua Bidang Komisi Teknis Pengda Pertina Papua Carol Renwarin.

Selain membuat 18 orang (11 perempuan dan 7 laki-laki) meninggal, kejadian membuat puluhan orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar