tag
Tinju
Piala Bupati Nabire

Tinju Rusuh, 18 Tewas

Senin, 15 Juli 2013 13:55 WIB
Penonton saling ejek picu kerusuhan massal, 18 tewas di Nabire.
Kerusuhan pecah saat final kejuaraan tinju Piala Bupati di GOR Kota Lama Nabire, Minggu (14/07/13) WIT. Kerusuhan mengakibatkan 18 orang tewas dan 34 mendapat perawatan di RSUD Nabire.

Tragedi menimpa dunia tinju Tanah Air. Sebanyak 18 orang meninggal dunia dalam kerusuhan saat kejuaraan tinju Piala Bupati berlangsung di Nabira, Papua.

Kapolres Nabire, AKBP Bahara Marpaung, mengatakan, korban tewas terdiri dari 11 perempuan dan tujuh laki-laki.

Menurut Kapolres, insiden berawal dari kemenangan Alfius Rumkorem dari sasana Persada. Dalam pertandingan di GOR Kota Lama Nabire, Rumkorem kalahkan Yulianus Pigome dari sasana Mawa.

Pendukung Yulianus Pigome tak terima kekalahan. Terjadi saling ejek antara kedua pendukung. Suasana memanas saat kedua kubu saling lempar yang membuat penonton lain berebutan keluar.

"Akibat saling berdesakan itulah banyak yang tewas dan luka-luka," kata Kapolres Nabire.

Gelaran Piala Bupati di GOR Kota Lama Nabire menyedot sekitar 1.500 penonton.

Menurut laporan panitia penyelenggara, kerusuhan pecah tak hanya karena saling ejek antarsuporter, melainkan ada penonton masuk tanpa membeli tiket dan dalam keadaan mabuk.

Penonton yang mabuk memancing keributan dengan berupaya mendekati Bupati Nabire, Isauas Douw. Satpol PP yang mencoba menghalau mereka mendekati bupati justru memanaskan suasana.

Bupati Isauas Douw juga mengungkapkan, kerusuhan Ahad kemarin terjadi karena jumlah penonton yang terlalu banyak. Kapasitas GOR Kota Lama Nabire hanya bisa tampung 900 orang.


Editor : Yusuf Abdillah

  • comment
Komentar