tag
Tinju
18 Tewas di GOR Nabire

Polisi Panggil Bupati

Kamis, 18 Juli 2013 15:01 WIB
Polda Papua tegaskan baru meminta keterangan Bupati Nabire.
  • Polisi Panggil Bupati
  • Polisi Panggil Bupati
  • Polisi Panggil Bupati
  • Polisi Panggil Bupati
Kepolisian Daerah (Polda) Papua meminta keterangan dari Bupati Nabire, Kamis (18/07/13). Kepolisian menegaskan Bupati Nabire sebatas memberi keterangan, bukan menjalani pemeriksaan.

Pemanggilan Bupati Nabire terkait kematian 18 orang saat kejuaraan tinju Piala Bupati Nabire di GOR Kota Lama Nabire, Papua, Minggu (14/07/13) malam.

Selain koran meninggal, puluhan warga setempat mengalami luka-luka akibat terhimpit dan terinjak-injak saat saling berebut keluar dari GOR Nabire ketika terjadi kerusuhan.

Kapolda Papua Irjen Tito Karnavian mengatakan Bupati Nabire baru memberi keterangan dan belum menjelani pemeriksaan.

Ketua panitia penyelanggara tinju Nabertus Yeimo menjadi tersangka karena melanggar Pasal 39 dan 89 KUHP ayat 2 junto Pasal 51 UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Kabid Humas Polda Papua I Gede Sumerta Jaya menjelaskan kelalaian panitia pertandingan karena tidak ada rekomendasi dari induk cabang olahraga tingkat Kabupaten Nabire.

“Selain itu penyelenggara belum mengantongi izin keramaian, tapi kegiatan sudah dilaksanakan dengan sarana prasarana yang tidak memadai,” kata I Gede Sumerta Jaya.

“GOR memiliki lima pintu keluar, tapi yang dibuka hanya satu. Selain itu penonton sudah membeludak," jelas Sumerta di Jayapura, Kamis (18/07/13).

Fakta lain yang memberatkan adalah tugas panitia juga tumpang tindih. Satu orang bisa bekerja sebagai pengurus tiket, kemudian bendahara dan lalu hakim pertandingan.

Hingga hari ini, keterangan 17 saksi sudah menjadi berita acara pemeriksaan, sementara 20 lain dalam tahap interogasi.

Aparat gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri tetap bersiaga di Kabupaten Nabire setelah terjadi kerusuhan. Aparat gabungan itu akan tetap bersiaga hingga satu minggu ke depan.

Keputusan mempertahankan aparat untuk mengantisipasi isu-isu yang berkembang setelah kejadian. Kepolisian memperketat penjagaan kantor dan rumah bupati, serta patroli siang dan malam.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar