tag
Tinju
18 Tewas di GOR Nabire

Pertina Salahkan KONI

Rabu, 24 Juli 2013 17:51 WIB
Pertina salahkan KONI Nabire dalam kasus 18 orang tewas di GOR.
  • Pertina Salahkan KONI

    Pertina salahkan KONI Nabire dalam tragedi tinju Minggu (14/07/13).

Wakil ketua umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tinju Indonesia (Pertina) Yopi Papilaya, Rabu (24/07/13), menyalahkan KONI Nabire dalam insiden yang menewaskan 18 orang di GOR Nabire.

18 orang tewas dan puluhan luka-luka akibat terhimpit dan terinjak-injak saat terjadi kerusuhan di final kejuaraan tinju Piala Bupati di GOR Kota Lama, Nabire, Papua, Minggu (14/07/13) malam.

Yopi Papilaya melempar tanggung jawab kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Nabire karena Piala Bupati adalah program dan multievent pekan olahraga kabupaten (porkab).

“Bagi Pertina pusat, permasalahan di Nabire sudah selesai. Secara teknis, Pertina Nabire hanya bagian dari panitia besar yang dibentuk KONI kabupaten," kata Yopi Papilaya di Nabire, Rabu (24/07/13).

Yopi juga menegaskan insiden di GOR Kota Lama Nabire sama sekali tidak terkait dengan teknis penyelenggaraan dan hasil pertandingan.

"Kalau keributan karena ketidakpuasan atas hasil pertandingan, pasti yang diserang adalah panitia, hakim dan wasit," tegas Yopi.

Yopi mengaku Pertina sudah bertemu Kapolda Papua Tito Karnavian, Kapolres Nabire Bahara Marpaung dan Bupati Nabire Isaias Douw.

Yopi Papilaya mengklaim pertemuan menyimpulkan kematian 18 orang adalah murni musibah. Keterangan dokter menyebutkan tidak ada tanda-tanda kekerasan terhadap korban.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar