tag
Tenis
Prancis Terbuka 2014

Sharapova Raih Grand Slam Kelima

Sabtu, 07 Juni 2014 23:47 WIB
Maria Sharapova samai pencapain Martina Hingis usai menjuarai Prancis Terbuka 2014,
  • Sharapova Raih Grand Slam Kelima
    Getty images

    Maria Sharapova juara Grand Slam Prancis Terbuka 2014.

Maria Sharapova menjadi kampiun Prancis Terbuka 2014 usai mengalahkan Simona Halep di Paris, 6-4, 6-7(5), 6-4, Sabtu (07/06/14). Ini adalah gelar Grand Slam kelima dalam karier Sharapova.

Perjuangan Maria Sharapova pada ajang Prancis Terbuka 2014 ini akhirnya berbuah manis. Sharapova membuktikan dia memiliki mental juara. Petenis asal Rusia itu harus bekerja keras unntuk mencapai laga puncak. Untuk ke final Sharapova harus menjalani laga tiga set, setelah kalah di set pertama, pada 16 besar, perempatfinal, semifinal.

Pada laga final, Sharapova terlambat panas di set pertama. Halep langsung unggul 2-0. Namun, berbeda dengan laga sebelumnya, Sharapova kali ini bisa langsung bangkit dan menyamakan kedudukan, sebelum akhirnya berbalik unggul, 6-4.

Halep yang untuk pertama kalinya kehilangan set pada turnamen ini, berusaha bangkit di set kedua. Usaha petenis Rumania ini sempat terhambah ketika tertinggal 0-2. Namun, usaha Halep yang untuk kali pertama tampil di final Grand Slam bisa menyamakan kedudukamn 4-4. Halep pun merebut set kedua lewat tie-break.

Sharapova unggul 4-2 pada set penentu. Namun, sekali lagi kedudukan imbang 4-4. Sukses Sharapova mematahkan servis Halep di game kesepuluh menjadi kunci kemenangan pada laga ini. Petenis yang akrab disapa Masha ini akhirnya memastikan gelar Prancis Terbuka keduanya usai memenangi set ketiga 6-4. Sharapova menjadi kampiun setelah berjuang selama tiga jam, dua menit.

Berkat sukses ini, Sharapova mencatatkan diri sebagai petenis putri ke-12 yang berhasil mengoleksi lima gelar Grand Slam. Dengan lima gelar Grand Slam, Sharapova menyamai pencapaian Martina Hingis. Sebelumnya, Sharapova menjadi juara di Wimbledon pada 2004, AS Terbuka (2006), Australia Terbuka (2008) dan Prancis Terbuka in 2012.

"Ini final Grand Slam terberat yang saya jalani. Saya sangat menghormati Simona, dia bermain luar biasa pada pertandingan ini," kata Sharapova.

Petenis dengan 5 Gelar Grand Slam
Steffi Graf 22 gelar
Chris Evert, Martina Navratilova (18)
Serena Williams (17)
Margaret Court (11)
Monica Seles (9)
Billie Jean King (8)
Evonne Goolagong Cawley (7)
Venus Williams (7)
Justine Henin (7) 
Martina Hingis, Maria Sharapova (5)


Penulis : Yusuf Abdillah

Tag Terkait

#Prancis Terbuka #Maria Sharapova #Grand Slam
  • comment
Artikel Terkait
Komentar