tag
Renang

Ressa Pindah Jatim, KONI Bandung Angkat Bicara

Selasa, 10 Juni 2014 08:21 WIB
KONI Bandung angkat bicara soal kepindahan perenang Ressa Kania Dewi ke Jatim.
  • Ressa Pindah Jatim, KONI Bandung Angkat Bicara
    Internet
Senin (09/06/14), Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Bandung akhirnya angkat bicara terkait kepindahan salah satu atlet perenang andalan Jabar, Ressa Kania Dewi, ke Jawa Timur. Alasan Ressa bukan untuk berpindah daerah, melainkan kuliah.

Sebelumnya, alasan kepindahan peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012 belum diketahui secara jelas. 

"Memang benar, pihak Ressa pernah mengajukan surat pengunduran diri dengan alasan mau kuliah di Amerika," ujar Sekretaris Umum KONI Kota Bandung, Salahudin Al Ayubi, saat ditemui INDOSPORT di kantornya di bilangan Ahmad Yani, Bandung, Senin kemarin.

Saat itu, KONI Bandung mengusulkan atlet binaan Jabar itu tidak perlu mundur. Bahkan, pihak KONI Jabar mengaku siap membantu pendidikan Ressa.

"Setelah (KONI Bandung) memberikan pernyataan akan terus membiayai, pihak Ressa malah memberikan alasan berbelit dan tak masuk akal. Tapi, saat ini muncul kabar dia pindah ke Jatim. Kami pun merasa aneh karena administrasi kepindahannya ke Jatim juga belum selesai," papar Salahudin.

KONI Bandung akan menyerahkan sepenuhnya kasus mutasi Ressa itu kepada KONI Jabar. Menurut Salahudin, kepindahan Ressa ke Jatim lebih terkait dengan penampilannya pada ajang PON XIX Jabar 2016 mendatang.

"Untuk urusan mutasi Ressa kami serahkan ke KONI Jabar dan kami siap membantu terkait data yang kami miliki tentang Ressa. Kami berharap KONI Jabar bisa lebih bijaksana saat atlet yang mau hengkang itu diperlakukan baik, saat mereka kembali ke Jabar. Jangan (memberikan) sanksi yang membunuh karier si atlet," tutur Salahudin.

Dia mengakui Ressa memang merupakan atlet prioritas KONI Bandung yang ditargetkan merebut keping emas bagi Kota Bandung dalam Porda Jabar XII/2014. 

Atlet kelahiran Bandung, 15 September 1994 itu, seperti disebut Salahudin, sudah menyatakan kesiapan membela Kota Bandung dalam Porda Jabar XII/2014.

"Ressa itu sudah jadi ikon atlet Kota Bandung dan dia pun sudah menyatakan siap membela Kota Bandung di Porda Jabar XII. Sekarang dikabarkan pindah ke Jatim, kami pun tak tahu persis alasannya (pindah) kenapa," pungkas Salahudin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ressa Kania Dewi telah berpindah ke Provinsi Jawa Timur bersama perenang Jabar lain, Glenn Victor Susanto. Keduanya dikabarkan telah mendapatkan uang kompensasi dari Jatim dengan total Rp1,5 miliar. Ressa merupakan atlet peraih dua emas renang PON Riau 2012. 


Penulis : Ginanjar
Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar