tag
Tenis
Wimbledon 2014

Roger dan Rafa Lupakan Nasib Sial

Senin, 23 Juni 2014 10:20 WIB
Roger Federer dan Rafel Nadal berusaha keras raih gelar Juara Wimbledon 2014.
  • Roger dan Rafa Lupakan Nasib Sial
    GETTY IMAGES

    Roger Federer (kiri) dan Rafael Nadal

Turnamen grand slam Wimbledon 2014 dimulai pada Senin (23/06/14). Dua petenis papan atas, Roger Federer dan Rafael Nadal, mengungkapkan ambisi masing-masing menjuarai kejuaraan bergengsi di London, Inggris itu.

Dalam rentang 2013 sampai 2012, kedua petenis itu tampil dalam 10 final dan memenangi sembilan trofi kampiun. Namun, peruntungan Federer dan Nadal berubah drastis sejak 2013. Nadal kalah pada babak kedua, sementara Nadal terdepak dari babak pertama setelah setahun sebelumnya keok pada babak kedua.

Federer dan Nadal pun berusaha keras mengubah peruntungan tersebut pada turnamen grand slam yang berlangsung di atas lapangan rumput itu. Keduanya tampak telah mempersiapkan diri dengan baik selama 12 bulan ini. Federer yang pernah menjuarai Wimbledon tujuh kali, menyebut dirinya sebagai penantang dalam kejuaraan kali ini.

"Saya merasa, yeah, kalau semuanya berlangsung sesuai rencana, seharusnya saya menang dalam turnamen ini," sebut Federer di laman Yahoo Sports. "Saya merasa kesempatan bagus (untuk juara) akan datang lagi tahun ini. Saya berharap dapat memanfaatkan kondisi kebugaran saat ini, menilik dari jumlah laga yang saya mainkan tahun ini. Intinya, saya datang dengan kondisi yang jauh lebih baik."

Maksud Federer adalah persiapan petenis Swiss itu demikian matang. Sebelum berlaga di Wimbledon, Federer memenangi turnamen pemanasan yang diadakan di lapangan rumput Halle, Jerman pekan lalu.

"Tahun ini," Federer melanjutkan, "Saya merasa semua pilihan saya lengkap. Pengembalian bola, servis, servis dan voli, backhand saya, semuanya bekerja sesuai dengan kemauan saya. Untuk itu, mental saya lebih rileks, karena semuanya berjalan dengan bagus. Tentu saja saya ingin melakukan hal yang lebih baik ketimbang tahun lalu, tak ada yang meragukan hal itu," tegas Federer yang kali ini diunggulkan di papan keempat.

Apa yang dikatakan Federer senada dengan unggulan kedua turnamen, Nadal. Dia mencapai final Wimbledon lima kali dan berhak atas dua trofi kampiun, termasuk mengakhiri perlawanan Federer 9-7 pada set kelima di Wimbledon 2008. Kedua petenis itu bertemu dalam tiga final berturu-turut dalam rentang 2006-2008. Federer dan Nadal berpeluang kembali berduel tahun ini di laga semifinal.

Sebagai tes pertama, Nadal harus mengatasi perlawanan Martin Klizan di babak pertama, lalu dia telah ditunggu Lukas Rosol. Petenis itulah yang mengalahkan Nadal pada babak kedua Wimbledon 2012. Petenis berservis keras, Ivo Karlovic, akan jadi lawan Nadal jika dia mampu melaju ke babak ketiga.

Baca juga artikel-artikel sejenis di liputan khusus Wimbledon
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Rafael Nadal #Wimbledon
  • comment
Artikel Terkait
Komentar