tag
Sepeda
Asian Games 2014

Pelatnas Sepeda di Swiss Diperpanjang

Jumat, 27 Juni 2014 16:45 WIB
ISSI ungkap rencana perpanjangan pelatnas sepeda di Swiss.
  • Pelatnas Sepeda di Swiss Diperpanjang
    Ilustrasi/Gettyimages

    Pebalap sepeda Indonesia (tengah) saat berlaga di SEA Games 2013 di Myanmar.

Jumat (27/06/14), Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) berencana memperpanjang pemusatan latihan nasional (pelatnas) atlet di Swiss hingga Asian Games Incheon di Korea Selatan digelar 19 September 2014.

Manajer pelatnas balap sepeda Bayu Neneng mengatakan dua atlet sepeda BMX Elga Kharisma dan Toni Syaifudin dijadwalkan kembali dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) selama tiga bulan di Swiss, 19 Juli 2014.

Pemusatan latihan nasional berlangsung sepanjang 18 April hingga 19 Juli 2014. Setelah itu direncanakan diperpanjang hingga 19 September bersamaan dengan pelaksanaan Asian Games di Korea Selatan.

Bayu Neneng menjelaskan ISSI telah mewacanakan hal itu ke Satlak Prima selaku penanggung jawab atlet yang menjalani pelatnas ke ajang multievent regional dan internasional. ISSI masih menunggu kepastian dari Satlak Prima.

“Daripada cuma latihan di sini lebih baik sekalian di sana. Belum mengatasi jetlagnya dulu, takutnya tidak maksimal latihan di sini," tutur Bayu Neneng.

Selama berada Swiss, para atlet mereka mengikuti turnamen BMX di Eropa untuk beruji coba dan mengasah kemampuan. Pertimbangan lain, medan dan cuaca di Swiss mirip dengan Korea Selatan.

Pengiriman Elga dan Toni ke Swiss didasari tuntutan Satlak Prima untuk meraih minimal satu medali emas pada Asian Games Incheon. Nomor BMX adalah unggulan ISSI karena Elga berprestasi dalam turnamen-internasional. Elga meraih medali emas di SEA Games 2013 di Myanmar.

ISSI yakin akan memboyong lebih dari satu medali emas di Asian Games 2014 karena dalam uji coba, atlet balap sepeda putra dan putri menorehkan prestasi di turnamen di China dan Kazakhstan, Mei 2014.


Penulis : Jhon Purba

  • comment
Komentar