tag
Multi-Event
Wawancara Khusus Ryan Gozali

Menggali Liga Mahasiswa Lebih Dalam

Selasa, 01 Juli 2014 12:03 WIB
Ryan Gozali berambisi jadikan Lima sebagai jaring pengaman dan membesar layaknya NCAA di AS.
  • Menggali Liga Mahasiswa Lebih Dalam

    Ryan Gozali (CEO Liga Mahasiswa)

Tak banyak kegiatan kompetisi atau liga olahraga yang berlangsung pelajar dan mahasiswa Indonesia. Kalau pun ada, hanya numpang lewat alias tak ada kelanjutannya. Selasa (01/07/14), CEO Liga Mahasiswa (Lima), Ryan Gozali, bertekad menjadikan kompetisi besutannya sebaik dan selanggeng NCAA di Amerika Serikat.
1. Tiga Pilar Utama Lima

Apa saja itu?

Tiga pilar utama di Lima: atletis, berpendidikan, peduli sosial. 
Atletis di mana peserta yang mengikuti Lima merupakan atlet-atlet terbaik di kampusnya. Ini bertujuan membuat otot. 
Berpendidikan, semua peserta Lima harus mengikuti standar IPK yang kami terapkan. Hal ini bertujuan untuk membuat otak berpendidikan bagi si atlet. Sementara peduli sosial, peserta harus melakukan kegiatan sosial selama enam jam setiap semester yang dia lakukan di kampus. Ini untuk membuat atlet yang memiliki rasa peduli akan sekitarnya. Jadi, harus melengkapi ketiga (pilar) itu bila ingin main di Lima. 

Melihat kasus kecurangan yang kita temui di kompetisi lain, seperti pencurian umur dan lain-lain, sementara di Lima memiliki standarisasi tiga hal di atas, apakah kecurangan data itu masih memungkinkan untuk dilakukan?

Ada yang mencoba, banyak yang gagal. Ini yang membedakan dengan liga-liga lain di mana liga lain mencari pendapatan dari uang pendaftaran. 
Saya bilang ke tim-tim, enggak butuh uang pendaftaran mereka, (Lima) sengaja membuat mahal pendaftaran. 
Saya tak takut kehilangan empat tim yang akan melakukkan kecurangan karena saya ingin membentuk integritas dan karakter menjadi atlet dan manusia seutuhnya. Makanya keabsahan jadi (sesuatu) yang absolut di Lima. 
Bila ada yang berani memalsukan surat pernyataan, saya tak segan-segan menyerang yang bersangkutan di pengadilan. Itu yang saya ingin tanamkan pada mahasiswa Indonesia, kejujuran itu penting.


Penulis : Zainal Hasan
Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#LIMA Badminton #LIMA Basket #LIMA #LIMA Futsal
  • comment
Artikel Terkait
Komentar