tag
Multi-Event

KOI Galang Dukungan Daerah untuk Asian Games 2018

Jumat, 11 Juli 2014 23:11 WIB
KOI melakukan koordinasi dengan 4 pemerintah daerah demi loloskan Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018.
  • KOI Galang Dukungan Daerah untuk Asian Games 2018
    Ratno Prasetyo/INDOSPORT

    Rita Subowo (Ketua KOI)

Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jumat (11/07/14), terus menggalang dukungan guna meloloskan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, salah satunya dengan melakukan koordinasi dengan empat pemerintah daerah yang berpeluang menjadi tuan rumah.

Ketua KOI Rita Subowo mengatakan, koordinasi dengan semua pihak dilakukan karena peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah sangat besar setelah negara pesaing yaitu India mengundurkan diri.

"Indonesia menjadi prioritas pertama untuk menjadi tuan rumah. Makanya kita harus mendapatkan dukungan selain dari pemerintah pusat juga dari pemerintah daerah yang akan menjadi lokasi," katanya.

Menurut Rita, sebelum meminta dukungan ke pemerintah daerah, pihaknya terlebih dahulu meminta dukungan dari Kemenpora dan Kemenkokesra. Apalagi saat bidding (penawaran) pertama dan dikalahkan Vietnam, pemerintah telah mendapatkan dukungan.

Adapun pemerintah daerah yang dimintai dukungan adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur. Hal itu dilakukan karena lokasi pertandingan tidak bisa dilakukan hanya di satu tempat.

"Kami sudah meminta dukungan ke pemerintah Sumsel, DKI Jakarta dan Jatim. Mereka juga telah setuju. Khusus untuk DKI kami langsung melakukan koordinasi dengan Plt Gubernur," kata Rita di sela-sela buka bersama KOI dengan komunitas olahraga.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat dan daerah, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan federasi olahraga Asia yaitu OCA. Sesuai dengan rencana, pertemuan akan dilakukan di Kuwait, 25 Juli mendatang.

Mantan Ketua Umum KONI itu menjelaskan, dukungan dari semua pihak ini memang sangat mendesak. Apalagi keputusan lokasi tuan rumah Asian Games 2018 akan ditentukan sebelum pelaksanaan Asian Games 2014 di Incheon Korea Selatan.

"Awal September akan ditetapkan lokasi Asian Games 2018. Makanya kita harus bergerak cepat. Informasi yang kami peroleh, Indonesia akan mendapatkan saingan dari duet Malaysia dan Singapura," ujar Rita menegaskan.

Jika Indonesia terpilih, kata dia, Jakarta akan menjadi lokasi utama untuk menggelar kejuaraan empat tahunan itu, sedangkan tiga daerah lainnya sebagai pendukung. Ada 36 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Dengan waktu yang singkat ini, tidak semua infrastrutur akan dibangun. Tinggal memperbaiki saja," kata Rita menambahkan.

Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin menegaskan pihaknya memberikan dukungan penuh karena hampir semua infrastruktur telah siap digunakan. Pengalaman menggelar beberapa kejuaraan internasional seperti SEA Games dan ISG akan menjadi acuan.

"Tidak usah menunggu empat tahun, saat ini saja kita sudah siap. Kita punya lokasi terpusat dan berada di pusat kota. Makanya kita memberikan dukungan penuh," pungkasnya.


Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Asian Games #KOI
  • comment
Artikel Terkait
Komentar