tag
Renang

Wawancara TV, Ian Thorpe Mengaku Gay

Minggu, 13 Juli 2014 21:10 WIB
Ian Thorpe mengaku terang-terangan sebagai seorang gay dalam sebuah wawancara televisi Australia.
  • Wawancara TV, Ian Thorpe Mengaku Gay
    GETTY IMAGES

    Ian Thorpe

Peraih lima emas renang Olimpiade, Ian Thorpe, mengaku dirinya gay, dalam wawancara di sebuah televisi Australia, Minggu (13/07/14). Pada 2012, Thorpe mengaku sebagai heteroseksual dalam otobiografinya yang bertajuk This Is Me.

"Saya sudah memikirkan hal ini dalam waktu yang lama. Saya gay," sebut Thorpe ketika diwawancarai jurnalis Britania Raya, Sir Michael Parkinson, di Channel 10

Pria berusia 31 tahun itu sempat menolak dugaan publik bahwa dirinya gay. Thorpe mengaku sebagai heteroseksual dalam otobiografinya yang dirilis dua tahun lalu.

Mantan perenang nasional Australia itu menderita depresi dan masuk dalam program rehab pada awal tahun ini. 

Pada wawancara bernuansa emosional itu, Thorpe mengungkapkan dia merasa nyaman beberapa malam belakangan, ketika bicara terus terang dengan sejumlah teman dekat tentang orientasi seksualnya.

"Saya ingin (berterus terang) beberapa waktu lalu, tapi saya tak bisa, saya merasa tak sekuat yang saya kira," ungkap Thorpe. "Apa yang terjadi kemudian saya merasa kebohongan menjadi demikian besar, saya tak ingin orang mempertanyakan integritas saya."

Keputusan Thorpedo --sebutan kondang Thorpe-- untuk berterus terang didukung oleh rekan perenang Olimpiade, Stephanie Rice, yang mengirimkan tweet, "Thorpie masih dan akan selalu menjadi superstar di mata saya."

Thorpe telah bicara soal depresi melemahkannya, bahkan sempat berpikir untuk bunuh diri dan minum alkohol terlalu banyak. 

Pada Februari lalu, Thorpe ditemukan polisi tengah kebingungan di dekat rumah orang tuanya di Sydney, Australia, 

 

Fakta Ian Thorpe
Lahir: 13 Oktober 1982
Prestasi muda: pada usia 16 tahun memenangi renang gaya bebas 400 meter pada Kejuaraan Dunia 1998 dan menjadi juara dunia termuda.
Prestasi: pemenang sembilan medali Olimpiade, termasuk lima emas, 10 gelar Juara Commonwealth Games dan 13 Juara Dunia.


Editor : Daniel Sasongko

Tag Terkait

#Ian Thorpe
  • comment
Artikel Terkait
Komentar