tag
Judo
PON Jabar 2016

7 Atlet Judo Jabar Latihan di Korsel

Senin, 14 Juli 2014 23:08 WIB
Jabar kirim tujuh atlet Judo ke Korsel sebagai persiapan PON XIX/2016 di Jawa Barat.
  • 7 Atlet Judo Jabar Latihan di Korsel
    GETTY IMAGES

    Ilustrasi

Pelatih cabang olahraga Judo Jawa Barat, Maulana, Senin (14/07/14), akan mengirim tujuh atlet andalannya menuju Korea Selatan untuk mengikuti latihan persiapan PON XIX/2016 di Jawa Barat.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para pejudoka andalannya untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat mendatang, pelatih Judo Jabar, Maulana mengirimkan tujuh atletnya ke Korea Selatan.

"Kita sudah tahu kualitas pelatihan di Korea seperti apa. Hasil latihan di Korea cukup positif untuk meningkatkan kemampuan teknik, strategi dan spirit bertanding atlet," ujar Maulana.

Ketujuh pejudoka Jabar tersebut yakni Mia, Adelia, Meta, Annisa, Galih, Budi Hidayat, Tiara serta seorang juru bahasa. Dari ketujuh atlet yang akan dikirimkan tersebut, dua diantaranya merupakan atlet Pelatnas SEA Games 2015 yakni Adelia dan Mia. 

Namun karena masih jauh, sehingga keduanya tetap menjadi atlet yang dibawa Jabar ke Korea untuk berlatih di sana. Sedangkan dua atlet lainnya Ihsan dan Horas Manurung, merupakan atlet nasional yang berlaga di ajang Asian Games 2014 di Kota Incheon, Korea.

"Hampir semua atlet Jabar berstatus atlet nasional, Budi, Tiara dan Annisa juga pernah menghuni Pelatnas dan peringkat mereka masih di atas," jelas Maulana.

Rencananya, tim judo Jabar akan bertolak dari Bandung menuju Korea Selatan pada 27 Juli mendatang.

"Disana (Korea,red) mereka berlatih selama dua bulan. Para atlet juga akan merasakan suasana negeri Korea sebagai tuan rumah Asian Games di Incheon, kami berharap mereka berkesempatan untuk beruji tanding dengan atlet-atlet papan atas di sana," harap Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan pengiriman atlet itu sendiri terlepas dari kesepakatan kerjasama yang telah terjalin cukup lama antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat dengan Komite Olahraga Provinsi Gyeongsangbuk-do, Korea.

Sementara terkait tempat pemusatan, Maulana mengatakan para pejudoka Jabar akan dipusatkan di Gyeongsangbuk-do dan akan didampingi pelatih asal Korea, Ceam Bogi yang selama ini menempa atlet-atlet Jabar dalam program Pelatda PON XIX/2016 jangka panjang.

"Mereka adalah atlet yang juga berangkat ke Korea pada latihan gelombang pertama dalam persiapan PON XVIII/2012," jelas Maulana.

Seperti diketahui, pengiriman atlet ke Negeri Ginseng tersebut bukan kali pertama dilakukan. Jabar juga mengirimkan sejumlah atletnya berlatih dalam program yang sama yakni cabang gulat dan taekwondo.


Penulis : Ginanjar
Editor : Abinery Hamzano

  • comment
Artikel Terkait
Komentar