tag
Multi-Event
Tuan Rumah Asian Games 2019

Palembang Siap Gantikan Hanoi

Selasa, 15 Juli 2014 22:18 WIB
Gubernur Sumatera Selatan percaya diri jadi tuan rumah Asian Games 2019.
  • Palembang Siap Gantikan Hanoi
    Internet

    Alex Noerdin mengatakan Palembang siap menggantikan Hanoi.

Provinsi Sumatera Selatan siap menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games yang akan berlangsung pada 2019, Selasa (15/07/14). Hal tersebut disimpulkan usai pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan kunjungan ke kantor gubernur Sumatera Selatan.

Sebelumnya pada April 2014, Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung secara resmi mengumumkan pengunduran diri Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games 2019. Hal tersebut ditempuh Vietnam karena persoalan keuangan dan ketidak siapan mereka sebagai tuan rumah.

Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019 karena proses bidding menempatkan Indonesia di peringkat dua. Namun tak menutup kesempatan negara Asia lainnya untuk menjadi tuan rumah dan akan dibahas dalam OCA (Olympic Council Asia) pada September mendatang.

Indonesia, khususnya Sumatera Selatan, percaya diri dapat terpilih sebagai tuan rumah mengingat kesuksesan Palembang sebagai penyelenggara turnamen internasional seperti SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013.

Bahkan, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin percaya diri bahwa Sumatera Selatan memiliki fasilitas dan venue olahraga yang lebih baik dibanding tuan rumah Asian Games pada tahun ini, Incheon, Korea Selatan.

Alex Noerdin mengatakan,"Seandainya pun Asian Games akan diadakan di tahun 2014 saja, Sumatera Selatan dengan Jakabaring-nya (kawasan Sport City) sangat siap, apalagi jika harus diadakan pada tahun 2019 dengan sejumlah peningkatan infrastruktur yang akan lebih signifikan." 

Tak hanya Indonesia yang tengah bersiap mengajukan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2019, India dan Malaysia juga tengah berbenah agar dapat terpilih menjadi tuan rumah menggantikan Vietnam. 


Penulis : Niken Purnamasari
Editor : Raditya Adi Nugraha

Tag Terkait

#Asian Games 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar