tag
Karate
Asian Games Korsel 2014

Pelatnas Karate Benahi Mental Atlet

Selasa, 15 Juli 2014 00:42 WIB
Pelatih karate Juan Luis berharap para atlet memperbaiki mental bertanding untuk Asian Games 2014.
  • Pelatnas Karate Benahi Mental Atlet
    Ratno Prasetyo/ INDOSPORT

    Juan Luis saat melatih timnas karate di kawasan Gelora Bung Karno, Senin (14/07/14).

Pelatih cabang olahraga karate, Juan Luis, Senin (14/07/14) menargetkan pembenahan mental para atlet sebelum turun pada Asian Games 2014 di Korea Selatan. Alasannya, para karateka Indonesia tampil kurang memuaskan pada ajang Karate1 Premier League di Jakarta, pada Juni 2014.

Hasil buruk yang dicatat cabang olahraga karate pada ajang Karate1 Premier League di Jakarta, pada Juni 2014, menyisakan pekerjaan rumah untuk persiapan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Berdasarkan hasil itu, pelatih karate Juan Luis meminta agar perbaikan mental atlet karate Indonesia menjadi target utama sebelum berangkat ke Korsel.

Menurut Juan Luis, para karateka Indonesia patah semangat atas hasil nihil yang diraih pada Karate1 Premier League bulan lalu. Meskipun bermain di Jakarta, para karateka Indonesia kalah bersaing dengan karateka asal Iran, Jepang, Korsel, bahkan Vietnam.

"Saya bisa melihat mereka sedikit lelah karena mereka berlatih mulai Maret sampai Juni untuk mempersiapkan Premier League. Dalam situasi seperti itu ide pertama adalah untuk memulihkan mental mereka ke bentuk sebelumnya," ujar pelatih asal Spanyol ini.

"Menurut saya para atlet perlu memulihkan kepercayaan dirinya setelah berjuang dan bekerja keras di Premier League, Jakarta. Mereka perlu percaya pada kemampuan dirinya sendiri," sambung Juan Luis.

Pada Asian Games 2010 di Guangzhou, Cina, cabang olahraga karate berhasil menyumbang satu medali perak dan dua medali perunggu. Namun pelatih Juan Luis meminta meminta para atletnya untuk tidak memikirkan terlalu jauh mengenai target medali pada Asian Games 2014.

"Saat ini mereka tidak perlu terlalu banyak memikirkan tentang medali dan Asian Games. Mereka harus berpikir tentang hari ini dan esok hari. Bukan jangka waktu yang panjang. Sekarang yang penting adalah bagaimana mereka bisa melakukan yang terbaik" kata dia.

"Jepang, China, dan Iran punya level yang tinggi di Asian Games. Tahun ini ada kejuaraan dunia pada November di Jerman. Tahun ini semua negara sedang melakukan persiapan yang sebaik-baiknya," tutup Juan Luis.


Penulis : Joko Sedayu, Ratno Prasetyo
Editor : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#Asian Games 2014
  • comment
Artikel Terkait
Komentar